Sistem Pemerintahan Islam Bukan Kekaisaran (imperium)

Sebab,  sesungguhnya  system imperium  itu  sangat  jauh dari  Islam. Berbagai wilayah  yang diperintah oleh Islam – meskipun penduduknya berbeda-beda suku dan warna kulitnya, yang semuanya kembali ke satu pusat – tidak diperintah dengan sistem imperium, tetapi dengan sistem

yang bertolak belakang dengan sistem imperium. Sebab, system imperium tidak menyamakan pemerintahan di antara suku-suku di wilayah-wilayah  dalam  imperium. Akan  tetapi,  system imperium memberikan keistimewaan kepada pemerintahan pusat imperium;  baik  dalam  hal  pemerintahan,  harta, maupun perekonomian.

Metode  Islam dalam memerintah adalah menyamakan seluruh orang yang diperintah di seluruh wilayah negara. Islam menolak berbagai sentiment primordial (‘ashbiyât al-jinsiyyah). Islam memberikan  berbagai hak  pelayanan  dan  kewajiban-kewajiban kepada non-Muslim yang memiliki kewarganegaraan sesuai dengan  hukum  syariah. Mereka memiliki  hak  dan kewajiban yang sama dengan kaum Muslim secara adil. Bahkan lebih dari itu, Islam tidak menetapkan bagi seorang pun di antara rakyat di hadapan pengadilan – apapun mazhabnya – sejumlah hak istimewa yang tidak diberikan kepada orang lain, meskipun ia seorang Muslim. Sistem pemerintahan Islam, dengan adanya kesetaraan  ini,  jelas berbeda dari  imperium. Dengan  system demikian, Islam tidak menjadikan berbagai wilayah kekuasaan dalam negara sebagai wilayah jajahan, bukan sebagai wilayah yang dieksploitasi, dan bukan pula sebagai “sapi perah” yang diperas  untuk  kepentingan  pusat  saja.  Akan  tetapi,  Islam menjadikan  semua wilayah  kekuasaan  negara  sebagai  satu-kesatuan meskipun jaraknya saling berjauhan dan penduduknya berbeda-beda suku. Semua wilayah dianggap  sebagai bagian integral dari tubuh negara. Seluruh penduduk wilayah memiliki hak  seperti  penduduk  pusat  atau wilayah  lainnya.  Islam menetapkan  kekuasaan,  sistem, dan peraturan pemerintahan adalah satu untuk semua wilayah.

(Sumber : Ajhizah Daulah Khilafah. HTI Press)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: